Perayaan Tumpek Wariga sebagai Momen Menjaga Keselarasan dan Keharmonisan Alam

Alam adalah rumah kita, tempat dimana kita melakukan segala rutinitas dan aktivitas. Menjadi tanggung jawab kita bersama Menjaga dan melestarikan keselarasan dan keharmonisannya.

Sebagai wujud syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan keindahan yang diberikan, Segenap Kluarga Besar SMAN 1 Kuta menggelar perayaan Rahina Tumpek Wariga dengan Upacara Wana Kerthi sebagai pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru.

Kegiatan ini dipusatkan di lingkungan sekolah Jl. Dewi Saraswati Seminyak Kuta, kegiatan ini diawali dengan melakukan persembahyangan bersama dengan yang kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan penanaman beberapa pohon.

Mewujudkan visi pembangunan Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, maka penerapan nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi perlu dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Bali secara menyeluruh, konsisten, berkelanjutan dengan tertib, disiplin dan penuh rasa tanggung-jawab. Melaksanakan nilai-nilai tersebut, diperlukan tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan dan keharmonisan antara alam Bali, Manusia/Krama dan Kebudayaan Bali.